DESAIN PEMBELAJARAN
OLEH:
M. SAIDI
NIM : 1314010827
PENGETAHUAN DASAR TENTANG
PEMBELAJARAN
1. Pengertian perencanaan
pembelajaran
}Desain adalah
sebuah istilah yang berasal dari dari kata “ design” ( bahasa inggris) yang bararti perencanaan
atau rancangan adapula yang mengertikan
dengan “persiapan” . Didalam ilmu manajemen pendidikan atau ilmu
administrasi pendidikan , perencanaan disebut dengan istilah “planning” yaitu
persiapan menyusun suatu keputusan berupa langkah-langkah penyelasaian suatu
masalah atau pelaksanaan suatu pekerjaan yang terarah pada tpengaujuan suatu
pekerjaan yang terarah pada pencapaian sutautujuan tertentu”.
}pengajaran
Kebanyakan ahli pendidikan/pengajaran mengatakan bahwa
pengajaran adalah terjemahan dari instruction atau teacing. Tetapi menurut arif
S. Sadiman, ia kurang sependapat akan padanan yang demikian. Jadi desain
pengajaran adalah suatu pemikiran atau persiapan untuk melaksanakan tugas
mengajar/aktivitas pengajaran dengan menerapkan prindip-prinsip pengjatran serta melalui langkah-langkah pengajaran, perencanaan itu sendiri, pelaksanaan
dan penilaiannya.
Dasar dan Tujuan Serta
Mamfaat Penyusunan Perencanaan Pembelajaran
Dasar perencanaan
pembelajaran
1.untuk memperbaiki kualitas pembelajaran perlu
diawali dengan perencanaan pembelajaran yang diujudkan dengan adanya desain
pembelajaran .
2.peresuatu pemncanaan belajaran didacukan pada
bagaimana seseorang belajar.
3.untuk merancang suatu pembelajaran perlu
menggunakan pendekatan sisitem
5.pembelajaran yang dilakukan akan bermuara
pada keteampilan tujuan pembelajaran
6.sasaran
akhir dari perencanaan desain pembelajaran
7.untuk
merencanakan suatun desain pembelajran pada siswa secara perorangan
Tujuan dan mamfaat
menyusun perencanaan pembelajaran
}1. sebagai petujuk arah
kegiatan dalam mencapai tujuan
}2. sebagai pola dasar
dalam mengatur tugas dan wewenang bagi setiap unsur yang terlibat dalam
kegiatan
}3. sebagai pedoman kerja
bagi setiap unsur baik unsur guru maupun unsur murid.
}4. sebagainalat ukur
efektif tidaknya suatu pekerjaan.
}5. untuk bahan
penyusunan data agar terjadi kesimbangan kerja
}6. untik menghjemat
waktu, tenaga, alat;alat dan biaya
Bentuk-bentuk perencanaan
pembelajaran
}Guru berperan sebagai
perencana harus dapat memutuskan bentuk perencanaan kerjaan yang dibyang cocok
dan sesuiandengan lingkup pekerjaan yang dibebankan kapada guru makean (omar
hamalik:1980) membagi bentuk perencanaan atas 3 bentuk.
1.Perencanaan jangka panjang
•Jangka
panjang adalah mengembangkan dan memelihara persfektif yang berkenaan dengan
konsepsi scara menyeluruk tentang pembelajaran yang akan di berikan oleh karena
itu guru perlu memikili keterampilan dalam membangun unit sumber dan unit yang
memuat organisasi penmbelajaran.
2. perencanaan jangka pendek
•Harus
pleksibel dan adaftif dan harus terarah pada kegiatan pembelajaran harian dalam
kelas.
3. unit pembelajaran
•Unit
pembelajarn yang di kenal dal satuan pembel;ajaran hendaknya diberi kesempatan
kontribisinyA terhadap perencanaan kesempatan ini akan turut memperkaya
kemungkinan untuk mencapai
tujuan instruksional .
SEKIAN
0 komentar:
Posting Komentar