Rabu, 27 September 2017

Filled Under:

perencanaan pembelajaran


DESAIN PEMBELAJARAN
OLEH:

M. SAIDI

NIM : 1314010827

PENGETAHUAN DASAR TENTANG PEMBELAJARAN

1. Pengertian perencanaan pembelajaran
}Desain adalah sebuah istilah yang berasal dari dari kata “ design”  ( bahasa inggris) yang bararti perencanaan atau rancangan adapula yang mengertikan  dengan “persiapan” . Didalam ilmu manajemen pendidikan atau ilmu administrasi pendidikan , perencanaan disebut dengan istilah “planning” yaitu persiapan menyusun suatu keputusan berupa langkah-langkah penyelasaian suatu masalah atau pelaksanaan suatu pekerjaan yang terarah pada tpengaujuan suatu pekerjaan yang terarah pada pencapaian sutautujuan tertentu”.
}pengajaran Kebanyakan ahli pendidikan/pengajaran mengatakan bahwa pengajaran adalah terjemahan dari instruction atau teacing. Tetapi menurut arif S. Sadiman, ia kurang sependapat akan padanan yang demikian. Jadi desain pengajaran adalah suatu pemikiran atau persiapan untuk melaksanakan tugas mengajar/aktivitas pengajaran dengan menerapkan prindip-prinsip pengjatran  serta melalui langkah-langkah  pengajaran, perencanaan itu sendiri, pelaksanaan dan penilaiannya.

Dasar dan Tujuan Serta Mamfaat Penyusunan Perencanaan Pembelajaran
Dasar perencanaan pembelajaran 
1.untuk memperbaiki kualitas pembelajaran perlu diawali dengan perencanaan pembelajaran yang diujudkan dengan adanya desain pembelajaran .
2.peresuatu pemncanaan belajaran didacukan pada bagaimana seseorang belajar.
3.untuk merancang suatu pembelajaran perlu menggunakan pendekatan sisitem
5.pembelajaran yang dilakukan akan bermuara pada keteampilan tujuan pembelajaran
6.sasaran akhir dari perencanaan desain pembelajaran
7.untuk merencanakan suatun desain pembelajran pada siswa secara perorangan 

Tujuan dan mamfaat menyusun perencanaan pembelajaran
}1. sebagai petujuk arah kegiatan dalam mencapai tujuan
}2. sebagai pola dasar dalam mengatur tugas dan wewenang bagi setiap unsur yang terlibat dalam kegiatan
}3. sebagai pedoman kerja bagi setiap unsur baik unsur guru maupun unsur murid.
}4. sebagainalat ukur efektif tidaknya suatu pekerjaan.
}5. untuk bahan penyusunan data agar terjadi kesimbangan kerja
}6. untik menghjemat waktu, tenaga, alat;alat dan biaya

Bentuk-bentuk perencanaan pembelajaran

}Guru berperan sebagai perencana harus dapat memutuskan bentuk perencanaan kerjaan yang dibyang cocok dan sesuiandengan lingkup pekerjaan yang dibebankan kapada guru makean (omar hamalik:1980) membagi bentuk perencanaan atas 3 bentuk.
1.Perencanaan  jangka panjang
Jangka panjang adalah mengembangkan dan memelihara persfektif yang berkenaan dengan konsepsi scara menyeluruk tentang pembelajaran yang akan di berikan oleh karena itu guru perlu memikili keterampilan dalam membangun unit sumber dan unit yang memuat organisasi penmbelajaran.
2. perencanaan  jangka pendek
Harus pleksibel dan adaftif dan harus terarah pada kegiatan pembelajaran harian dalam kelas.
3. unit pembelajaran
Unit pembelajarn yang di kenal dal satuan pembel;ajaran hendaknya diberi kesempatan kontribisinyA terhadap perencanaan kesempatan ini akan turut memperkaya kemungkinan  untuk  mencapai  tujuan instruksional .

SEKIAN 

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ 2013 Blog Muhammad Saidi .